Informasi dan Tips Seputar Tanaman Hidroponik

Rabu, 08 Februari 2017

Cara Menanam Seledri Hidroponik Menggunakan Sistem Rakit Apung

Selain teman-teman bisa menanam tomat hidroponik, kalian juga bisa membudidayakan seledri hidroponik. Mau tahu cara menanam seledri hidroponik? yuk kita simak selengkapnya.

Seledri merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak sekali kegunaan, baik sebagai bahan pelengkap masakan atau sebagai obat tradisional. Untuk membudidayakan seledri secara hidroponik tidaklah sulit, justru termasuk sangat mudah dilakukan dimanapun dan oleh siapapun. Dengan menggunakan metode hidroponik seledri dapat mengalami prtumbuhan lebih cepat hingga 50% apabila dibandingkan dengan metode tanam konvensional.

Seledri Hidroponik

Cara Menanam Seledri Hidroponik

Nah salah satu sistem hidroponik yang dapat Anda gunakan untuk menanam tanaman seledri adalah sitem rakit apung. Secara umum, sistem ini memungkinkan seledri ditanam diatas larutan nutrisi hidroponik dengan cara diapungkan menggunakan media tanam hidroponik seperti styrofoam.

Sistem rakit apung ini adalah salah satu sistem yang tidak memiliki kelemahan dan kebanyakan menghasilkan tanaman yang berkualitas. Namun tidak semua tanaman yang dapat dibudidayakan menggunakan tanaman ini, seperti tanaman yang memiliki ukuran yang besar.

Untuk memulai menanam seledri hidroponik mula-mula teman-teman harus menyiapkan bak plastik 50cm x 30cm x 20cm, gelas plastik, styrofoam, rockwool, kunci busi, dan cutter. Bak plastik tersebut akan diisi dengan larutan nutrisi tanaman. Kemudian Anda harus memotong styrofoam seukuran bak plastik.

Styrofoam - media tanam hidroponik rakit apung
Styrofoam - media tanam hidroponik rakit apung
Setelah itu panaskan kunci busi untuk membuat beberapa lubang yang ukurannya pas dengan ukuran gelas plastik pada permukaan styrofoam yang nantinya akan diletakkan ke atas bak plastik. Gelas plastik yang sudah dilubangi bagian bawahnya dengan cutter ditata ke dalam tiap-tiap lubang pada styrofoam hingga menyentuh larutan nutrisi.

Selanjutnya, rockwool sebagai media tanam dipotong berbentuk kubus yang diberi celah sebagai tempat untuk meletakkan bibit seledri. Rockwool beserta bibit seledri tersebut kemudian diletakkan ke dasar gelas plastik.

Anda harus memastikan bahwa tanaman seledri Anda mendapatkan cukup sinar matahari dan larutan nutrisi. Anda bisa menempatkan tanaman seledri di tempat yang mendapatkan pancaran cahaya matahari yang baik serta selalu memastikan bahwa larutan nutrisi selalu tersedia di dalam bak.

Akar seledri juga harus senantiasa menempel pada larutan nutrisi. Biasanya setelah satu bulan penanaman, daun seledri yang lebat sudah siap untuk dipanen. Cara menanam seledri hidroponik dengan sistem rakit apung ini sangat mudah, efektif dan menguntungkan.

Nah bagaimana? mudah khan? Anda bisa mencoba dirumah dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan disekitar rumah. Yuk mulai menanam dan segera dapatkan hasilnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Menanam Seledri Hidroponik Menggunakan Sistem Rakit Apung

0 komentar:

Posting Komentar