Informasi dan Tips Seputar Tanaman Hidroponik

Jumat, 03 Februari 2017

Inilah Media Tanam Hidroponik yang Baik Untuk Digunakan

Media Tanam Hidroponik


Halo pembaca setia ladanghidro.blogspot.com, sebelumnya sudah dibahas mengenai apa itu hidroponik serta cara bertanam hidroponik, sekarang saatnya kita mengetahui berbagai macam media tanam hidroponik yang baik. Hidroponik merupakan metode bertanam yang simple dan sangat mudah dilakukan dimana saja dan oleh siapa saja, jadi sudah dapat ditebak kalau semua material dan media tanam nya pun sangat mudah didapatkan. Lalu apa saja yang dapat dijadikan media tanam hidroponik? mari kita ulas.

Hidroponik memang sebuah metode tanam yang mayoritas menggunakan air disemua prosesnya, namun tidak semua didalam proses itu menggunakan air. Ada banyak komponen, ya salah satunya adalah media tanamnya, dibawah ini adalah berbagai media tanam yang dapat digunakan untuk bertanam tanaman hidroponik.


Media Tanam Hidroponik



  • Arang Sekam
Arang Sekam Hidroponik
Arang Sekam Hidroponik


Arang sekam atau sekam yang dibakar merupakan salah satu media tanam hidroponik yang paling banyak digunakan oleh para petani hidroponik. Namun arang sekam juga dapat digunakan untuk tanaman lainnya selain tanaman hidroponik.Arang sekam adalah salah satu media tanam yang baik karena memiliki daya ikat air yang sangat baik serta aerasi yang juga cukup baik.

Selain mudah didapat arang sekam juga salah satu media tanam organik serta ramah lingkungan. Memiliki PH yang cenderung netral, sehingga sangat baik untuk pertumbuhan akar tanaman. Arang sekam biasanya dikombinasikan dengan cocopeat.

  • Spons


Media tanam hidroponik selanjutnya adalah spons. Spons juga salah satu media tanam yang mudah didapat, digunakan serta murah. Spons memiliki kemampuan menyerap air dengan sangat baik, oleh sebab itu sangat baik untuk pertumbuhan akar dan sangat baik untuk menyangga akar tanaman.

  • Rockwool
Rockwool - Media Tanam Hidroponik


Selain arang sekam, Rockwool juga menjadi salah satu media tanam hidroponik yang paling banyak digunakan oleh para pelaku hidroponik. Rockwool adalah media tanam anorganik, berbantuk seperti busa serta memiliki serat yang halus serta bobot yang ringan. Rockwool terbuat dari batuan basalt yang sudah dipanaskan menggunakan suhu sangat tinggi. Setalah dipanaskan batuan basalt akan berubah bentuk menjadi seperti serat halus, nah serat halus tersebut nantinya akan dibentuk menjadi balok-balok kecil atau besar sesuai kebutuhan.

  • Coir/Cocopeat
Cocopeat


Media hidroponik ini sering dikombinasikan menggunakan arang sekam,  terbuat dari serbut saut kelapa. Oleh karena itu Cocopeat juga salah satu media tanam yang ramah lingkungan. Memiliki daya serat air yang cukup tinggi serta PH antara 5.0 sampai 6.8 membuat akar memiliki daya tahan yang cukup baik. Penggunaannya dengan arang sekam biasanya menggunakan perbandingan 50 : 50, hal ini bertujuan untuk meningkatkan aerasi, aerasi yang baik akan membuat tanaman juga bertumbuh dengan baik.

  • Batu Kerikil
Batu Kerikil - Media Tanam Hidroponik


Media tanam hidroponik selanjutnya adalah batu kerikil, selain mudah didapatkan batu kerikil juga salah satu media tanam yang baik. Batu kerikil juga dapat menyerap air dengan baik dan juga baik untuk akar tanaman. Penggunaan batu kerikil dapat Anda kreasikan dengan pot yang transparan sehingga tanaman hidroponik Anda terlihat cantik.

Nah itulah beberapa contoh meda tanam hidroponik yang dapat Anda gunakan serta dapat Anda temukan dengan mudah di sekitar lingkungan Anda. Mudah bukan? jadi jangan bingung untuk memulai ya. Ingat bertanam itu menyenangkan, apalagi kalau kita sudah memetik hasilnya dan hasilnya maksimal :)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Inilah Media Tanam Hidroponik yang Baik Untuk Digunakan

0 komentar:

Posting Komentar