Informasi dan Tips Seputar Tanaman Hidroponik

Kamis, 02 Februari 2017

Cara Bertanam Hidroponik Sederhana

Cara Bertanam Hidroponik Sederhana
Cara Bertanam Hidroponik Sederhana


Setelah sebelumnya kita sudah membahas apa itu hidroponik? selanjutnya kita akan membahas bagaimana cara bertanam hidroponik sederhana yang bisa Anda lakukan dirumah. Bertanam merupakan salah satu aktifitas yang cukup menyenangkan, apalagi tanaman yang kita tanam adalah sesuatu yang kita suka. Contohnya menanam buah-buahan atau sayuran kesukaan kita.

Hidroponik merupakan metode tanam yang simple dan mudah di gunakan, tanpa memerlukan tanah dan lahan yang luas, cukup menggunakan air saja. Untuk bertanam hidroponik sederhana kita dapat menggunakan kreatifitas kita, seperti menggunakan botol bekas ataupun ember bekas bahkan pipa atau paralon yang tidak terpakai dapat kita gunakan sebagai wadah media tanamnya.

Cara Bertanam Hidroponik

Untuk bertanam hidroponik, Anda dapat menggunakan tehnik hidroponik yang paling sederhana dulu yaitu sitem wick. Untuk menggunakan sistem wick, Anda bisa menggunakan wadah apapun bisa botol bekas atau galon air mineral yang sudah tidak terpakai. Sistem hidroponik secara wick dianggap sederhana dan paling mudah karena sitem ini tida memerlukan bahan-bahan yang menyulitkan cukup menggunakan bahan-bahan disekitar kita Anda sudah dapat memulainya.

Lalu bagaimana caranya memulainya, sebelum Anda mulai bertanam Anda bisa menyiapkan terlebih dahulu media serta nutrisi tanaman hidroponik.  Untuk dapat membuat nutrisi hidroponik Anda perlu menyiapkan pupuk urea 1000 gram, KCL 1000 gram, pupuk NPK sebanyak 100 gram dan pupuk daun atau gandasil sebanyak 50 gram.

Setelah semuanya tersedia, semua bahan tersebut Anda larutkan kedalam air yang nantinya berguna sebagai nutrisi tanaman hidroponik. Ketersediaan nutrisi ini sangatlah penting, seperti yang sudah dijelaskan sebelunya bahwa metode tanam hidroponik ini sangat menekankan kepada kualitas nutrisi yang diberikan kepada tanaman. Jadi, apabila nutrisi yang tersedia tidak mampu memenuhi tanaman hidroponik, maka hasilnya pun kurang maksimal bahkan tanaman bisa mati. Apabila Anda tidak ingin repot membuat nutrisi sendiri, Anda juga bisa memesannya melalui toko tanaman atau bisa juga secara online. Karena sekarang sudah banyak yang menjualnya secara online.

Setelah nutrisi tersedia, hal selanjutnya yang perlu kita siapkan adalah media tanam. Media tanam hidroponik bisa menggunakan, arang sekam, rockwoll, spons bahkan batuan kerikil pun bisa menjadi media tanam tanaman hidroponik. Lalu media tanam mana yang paling baik, untuk sekarang pilihlah media tanam yang dapat Anda temukan dengan mudah dilingkungan rumah Anda. Untuk wadah media tanamnya Anda bisa gunakan kreatifitas Anda, lalu rangkai. untuk bentuk dari sistem tanam hidroponik menggunakan sistem wick dapat Anda lihat lebih jelas melalui gambar dibawah ini :

Cara Bertanam Hidroponik Sistem Wick
Contoh Tanaman Hidroponik Sistem Wick

Hidroponik Sistem Wick
Hidroponik Sistem Wick

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Bertanam Hidroponik Sederhana

0 komentar:

Posting Komentar