Informasi dan Tips Seputar Tanaman Hidroponik

Selasa, 07 Februari 2017

Cara Menanam Daun Bawang Hidroponik Dengan Mudah

Cara Menanam Daun Bawang Hidroponik Dengan Mudah


Memulai menanam tanaman hidroponik tidaklah selalu dengan biaya yang mahal, teman-teman bisa memulai dengan memanfaatkan bahan-bahan disekitar rumah. Nah kali ini LadangHidro akan berbagai cara menanam daun bawang hidroponik dengan mudah dan tentunya juga murah. Daun bawang atau bawang merah merupakan salah satu tanaman yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Sering digunakan untuk bcampuran berbagai macam olahan makanan.

Kita akan mencoba menanam daun bawang merah ini menggunakan tray bekas wadah telur, teman-teman bisa mendapatkannya dengan sangat mudah. Untuk menggunakan tray bekas telur sebaga media tanam hidroponik, tray ini harus selalu dalam kondisi basah oleh cairan nutrisi hidroponik. Hal ini bertujuan agar akar tanaman mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. Karena kalau asupan nutrisinya kurang maka tanaman hidroponik akan lamban pertumbuhannya.

Cara Menanam Daun Bawang Hidroponik Dengan Mudah
Bawang Merah Hidroponik Sederhana


Cara Menanam Bawang Hidroponik Menggunakan Media Tanam Hdiroponik Sederhana

Mula-mula sebelum kita mulai menanam bawang merah hidroponik, persiapkan terlebih dahulu tray bekas telur yang akan kita jadikan media tanam hidroponiknya. Persiapkanlah 4 sampai dengan 5 lembar tray lalu tumpuk menjadi satu. Juga jangan lupa persiapkan beberapa siung bawang merah yang telah tanggal dan sudah tua, hal ini dapat kita lihat dari beberapa akar yang mulai tumbuh pada bagian bawah bawang merah. Disarankan memotong sedikit bagian atas bawang merah untuk mempercepat tumbuhnya tunas.

Setalah Bawang merah siap, persiapkanlah media tanam berupa tray yang telah ditumpuk tadi, kemudian siramlah tray tersebut dengan larutan nutrisi hidroponik atau bisa juga untuk permulaan siramlah dengan larutan yang terbuat dari bawang merah yang sudah di haluskan. Hal ini bertujuan sebagai perangsang akar agar akar dari bawang merah tadi beradaptasi dengan media tanam hidroponik.

Untuk langkah selanjutnya, teman-teman bisa lakukan penyiraman rutin pada pagi dan sore hari. Untuk permulaan siramlah menggunakan air bisa terlebih dahulu. Namun ketika sudah mulai tumbuh akar baru dan tunas siramlah rutin menggunakan larutan nutrisi hidroponik sederhana. Namun jika teman-teman kesulitan membuat atau mendapatkan larutan nutrisi hidroponik, teman-teman bisa menggunakan air bekas cucian beras, air teh bekas atau kulit telur yang telah diblender.

Perlu diperhatian, jagalah media tanam hidroponik selalu basah jangan sampai mengering. Oleh karenanya janganlah lupa untuk menyiramnya secara rutin.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Menanam Daun Bawang Hidroponik Dengan Mudah

0 komentar:

Posting Komentar