Informasi dan Tips Seputar Tanaman Hidroponik

Selasa, 07 Februari 2017

Cara Menanam Melon Hidroponik Sederhana Dengan Mudah

Cara Menanam Melon Hidroponik Sederhana Dengan Mudah - Selain daun bawang banyak sekali tanaman yang dapat dibudidayakan secara hidroponik. Termasuk buah-buahan juga dapat dibudidayakan dengan menggunakan metode hidroponik. Salah satu buah yang bisanya di budidayakan secara hidroponik adalah buah melon. Menanam melon hidroponik sangatlah mudah dan dapat dilakukan siapapun dan dimanapun.


Dengan menggunakan cara bertanam hidroponik, Anda tidak perlu memusingkan perihal kualitas tanah ataupun lahan. Karena menggunakan metode hidroponik, teman-teman hanya perlu memikirkan kualitas dari larutan nutrisi hidroponik. Sehingga pikiran teman-teman tidak terpecah kepada hal-hal lain yang tidak penting.

Cara Menanam Melon Hidroponik
Melon Hidroponik

Cara Menanam Melon Hidroponik Sederhana

Cara menanam melon hidroponik sangatlah sederhana. Selain harus memperhatikan nutrisi, ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan adalah teknik penyemaian. Jadi Anda harus pastikan benih yang telah Anda semai adalah benih tanaman hidroponik terbaik. Untuk mengetahui apakah benih atau biji melon ini berkualitas bagus atau tidak adalah dengan cara merendam bibit melon tersebut. Bibit yang memiliki kualitas baik akan tenggelam lalu bibit yang mengapung maka bibit tersebut tidak baik.

Langkah selanjutnya, untuk proses menyemai bibit atau benih hidroponik Anda bisa menggunakan sebuah wadah yang telah berisi kapas basah yang ditempatkan dalam sebuah wadah. Kemudian diamkan benih tersebut selama dua sampai tiga hari. Anda juga harus menjaga kelembapan pada permukaan kapas agar Anda bisa mendapatkan bibit yang terbaik. Pada tahap penyemaian ini sebenarnya hampir sama dengan cara menanam melon konvensional. Yang menjadikannya beda adalah medianya, jika konvensional menggunakan tanah sedangkan hidroponik menggunakan media tanam seperti arang sekam, kapas, serta air dan nutrisi sebagai point pentingnya.

Setelah proses penyeleksian bibit selesai dan Anda sudah mendapatkan bibit tanaman melon hidroponik terbaik, Anda bisa melanjutkan menyemainya dan mulai menanamnya secara hidroponik. Selama proses sampai dengan tanaman tumbuh Anda harus pastikan tangki air nutrisi hidroponik selalu dalam kondisi baik dan cukup kebutuhannya. Rangkaian aliran air dari tangki yang menuju ke media-media tanam hidroponik sangat dianjurkan tidak boleh terganggu sama sekali agar melon hidroponik dapat tumbuh dengan baik.

Nah itulah cara menanam melon dengan teknik hidroponik? sangat mudah khan guys?! Dengan menggunakan tehnik menanam hidroponik, Anda dapat menghemat banyak sekali biaya dan penggunaan lahan. Jadi Anda tidak perlu lagi khawatir biaya akan mahal dan memerlukan lahan yang luas. Dengan menggunakan tehnik menanam hidroponik juga hasil tanaman akan jauh lebih maksimal, karena nutrisi tanaman terpenuhi secara baik.

Demikianlah uraian mengenai cara menanam melon hidroponik sederhana dirumah, semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda semua. Sampai jumpa lagi dan salam sukses.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Menanam Melon Hidroponik Sederhana Dengan Mudah

0 komentar:

Posting Komentar