Informasi dan Tips Seputar Tanaman Hidroponik

Rabu, 08 Februari 2017

Cara Menanam Tomat Hidroponik Dengan Mudah

Halo pembaca setia blog LadangHidro, kali ini mimin mau berbagi tentang cara menanam tomat hidroponik dengan mudah. Tomat merupakan salah satu tanaman yang memiliki nilai ekonomis tinggi, karena tomat sering kali digunakan untuk pelengkap bumbu atau masakan oleh banyak orang di dunia. Semakin kesini permintaan tomat sangat tinggi, sampai-sampai petani sulit untuk memenuhi permintaan pasar. Sebagai solusi, teman-teman bisa mencoba membudidayakan tomat menggunakan metode tanam hidroponik, dengan metode tanam ini teman- teman akan sangat mudah mendapatkan hasil.

tomat-hidroponik
Tanaman Tomat Hidroponik

Langkah-langkah menanam tomat hidroponik

Untuk langkah pertama, teman-teman harus melakukan pemilihan benih tomat yang berkualitas. Untuk tahap ini jika teman-teman mendapatkan kendala saat memilih benih tomat, teman-teman bisa membelinya di toko benih tanaman. Sebaiknya apabila teman-teman membeli benih di toko, pilihlah benih tomat yang unggul, hal ini dikarenakan benih tomat unggul memiliki kualitas yang baik serta lebih tahan dari serangan hama dan penyakit tanaman.

Langkah kedua, setelah teman-teman memilih benih tomat unggul teman-teman harus melakukan penyemaian. Dalam proses penyemaian, teman-teman bisa menggunakan media tanam hidroponik berupa rockwool. Potong rockwool kecil-kecil berbentuk dadu kemudian rendam menggunakan larutan nutrisi hidroponik. Setelah ptongan rockwool siap, taruhlah satu benih tomat disetiap rockwool yang tersedia. Kemudian simpanlah benih tomat yg sudah diletakkan di media tanam rockwool di tempat yang teduh. Rawatlah benih tersebut hingga muncul kecambah, setelah kecambah muncul pindahkan benih tomat tersebut ke tempat yang terkena sinar matahari. Lalu apabila benih sudah memiliki beberapa tunas daun pindahkanlah ketempat yang lebih besar.

Perlu diperhatikan, jangan sampai akar tanaman terendam sepenuhnya oleh larutan nutrisi. Berikan jarak antara akar tanaman dan larutan nutrisi. Hal ini dilakukan supaya akar tanaman tetap mendapatkan pasokan oksigen.

Untuk perawatan lanjutan teman-teman bisa melakukan beberapa hal sederhana, teman - teman bisa menggunakan metode tanam hidroponik sistem wick. Buatlah wadah yang menyesuaikan dengan sistem wick. Gunakan tambahan hidroton atau krikil pada media tanaman untuk membantu menopang tanaman hidroponik tomat. Jika tanaman sudah bertambah besar dan tinggi gunakan sulur yang membantu tanaman tegak berdiri.

Nutrisi Hidroponik AB Mix
Nutrisi Hidroponik AB Mix


Pemberian nutrisi untuk tanaman tomat ini sedikit ada penyesuaian. Silahkan perhatikan komposisi nutrisi untuk tomat hidroponik dibawah ini :

Cara membuat pekatan AB Mix:

  • Pekatan A : Larutkan kantong A sehingga menjadi 500 ml
  • Pekatan B : Larutkan kantong B sehingga menjadi 500 ml

Cara pemakaian pekatan AB Mix:

  • Masa semai : 3 ml pekatan A + 3 ml pekatan B dengan 1 liter air bersih
  • Masa pertumbuhan: 5ml pekatan A +5 ml pekatan B per 1 liter air
  • Masa pembuahan : 7 ml pekatan A + 7 ml pekatan B per 1 liter air naikkan secara bertahap hingga 10 ml per 1 liter air agar bunga tidak rontok
Nah itulah cara untuk menanam tomat hidroponik beserta cara merawatnya dengan mudah. Semoga bermanfaat dan segera ambil tindakan ya :)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Menanam Tomat Hidroponik Dengan Mudah

0 komentar:

Posting Komentar